Belajar Cara Refund Pemesanan Di Akulaku Melalui Aplikasi Berikut Ketentuannya Juga
Mau Refund Pemesanan Suatu Produk Di Aplikasi Akulaku Tapi Gak Tau Caranya Yuk Lanjut Simak Ulasannya Lengkapnya Berikut Ini!
Cara refund beserta ketentuannya tentu sangatlah penting untuk diketahui oleh para pengguna layanan ini. Bagi kamu yang sudah menjadi salah satu pengguna Aplikasi Akulaku atau sebelumnya telah menggunakan Akulaku untuk transaksi, tentu saja kemudahan yang diberikan Akulaku mungkin sangat dirasakan ya!
Di Aplikasi Akulaku bukan hanya bisa kredit barang online saja, kamu juga dapat melakukan pembelian dengan uang cash alias tunai dan bayar di gerai minimarket yang sudah bekerja sama dengan Akulaku. Dengan demikian, kamu pun tidak perlu bingung saat limit kredit masih sedikit. Akan tetapi, kalau limit kredit kamu sudah banyak maka kamu bisa mengajukan pinjaman online atau kredit barang. Apabila kamu membeli barang online, tetapi ternyata tidak cocok, Akulaku pun menyediakan layanan refund bagi para penggunanya lho!
Arti kata refund ini bisa dilakukan saat kamu merasa kurang cocok dengan barang yang dibeli atau barang yang di terima itu rusak. Dengan pengajuan refund, toko dapat mengembalikan dana sepenuhnya ke limit kredit kamu di Aplikasi.
Ketentuan Cara Refund Di Aplikasi Akulaku Simak Ulasan Lengkap Seperti Berikut Ini!
Sebagaimana yang kita ketahui dari laman resmi Akulaku, ketentuan refund di Aplikasi Akulaku bisa dilakukan dalam kondisi atau keadaan tertentu, antara lain seperti berikut ini:
1. Terjadinya kelebihan pembayaran dari pembeli atas total harga produk yang dibeli.
2. Pihak merchant (toko) tidak dapat menyanggupi pesanan pembeli karena stok produk telah habis atau pun alasan lainnya.
3. Produk tak terkirim ke pembeli atas alasan apapun.
4. Pengembalian produk mengacu pada ketentuan yang berlaku.
5. Apabila nominal pengembalian dana di bawah Rp.50 ribu, maka pembeli sepakat bahwa refund berbentuk pengembalian pulsa ke nomor yang telah dicantumkan sebelumnya oleh pembeli tanpa ada kewajiban lainnya.
6. Seluruh pengembalian dana akan dilakukan melalui transfer ke rekening Bank pribadi pembeli, dengan catatan: Rincian rekening Bank yang diberikan ke Akulaku lengkap dan akurat. Jika terjadi kegagalan atau keterlambatan penerimaan refund akibat terjadi kesalahan pemberian data maka hal ini menjadi tanggung jawab pembeli.
7. Pengembalian dana dilakukan dalam waktu 7-10 hari kerja sejak permohonan refund diterima dan telah disetujui berdasarkan hasil verifikasi Akulaku.
8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Akulaku berhak untuk melakukan perubahan mekanisme pengembalian dana pada waktu ke waktu, tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya.
Pastikan bahwa sejumlah ketentuan di atas telah kamu pahami ya sehingga nantinya kamu dapat melakukan pengajuan dana apabila memang diperlukan.
Cara Melakukan Refund Di Aplikasi Akulaku
Pembatalan dapat dilakukan jika barang yang kamu terima rusak atau ada satu dan lain hal sehingga kamu memutuskan ingin melakukan refund. Maka dari itu, coba kamu ikuti panduan selengkapnya berikut ini:
1. Buka Aplikasi Akulaku di handphone kamu.
2. Kemudian, silahkan pilih menu Bills dan lihat limit yang sudah terpotong.
3. Selanjutnya, pilih menu pesananku. Di tampilan itu, tertera hasil pembayaran.
4. Berikutnya, klik di kolom produk yang ingin kamu batalkan.
5. Langkah selanjutnya, silahkan kamu masukan rincian pesanan, kemudian scroll hingga ke paling bawah.
6. Pilih menu batalkan pesanan.
7. Lanjutkan dengan konfirmasi pembatalan order. Kalau kamu sudah yakin ingin membatalkan pesanan dan ingin refund DP maka lanjutkan dengan klik konfirmasi.
8. Tunggu beberapa saat dan cek di menu Bills, limit kamu akan kembali secara otomatis.
Sebagai informasi tambahan saja, cara pembatalan di atas tidak berlaku bagi produk yang telah dibuat sesuai pesanan, voucher elektronik, tiket elektronik, termasuk reservasi hotel, tiket pesawat, tiket konser, dan produk lainnya yang tidak mencantumkan ketentuan pembatalan pada deskripsinya.
Cara Mengatasi Refund Yang Ditolak
Untuk dipahami juga, penolakan refund oleh merchant di Aplikasi Akulaku sering terjadi oleh sebagian penggunanya. Hal ini secara tak langsung membuat cara mengatasi kendala tersebut menjadi penting untuk diketahui. Dalam hal ini, ada 2 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi refund Akulaku yang ditolak.
Cara pertama, kamu bisa menghubungi pusat panggilan resmi di Akulaku dengan nomor 1500920. Sebelum melakukan panggilan tersebut, pastikan bahwa kamu memiliki pulsa yang mencukupi. Kemudian, silahkan sampaikan keluhan kamu soal penolakan refund. Pihak Akulaku pun nantinya akan memberikan intruksi atau langkah - langkah yang mesti kamu lakukan.
Cara kedua adalah mengajukan kembali permohonan refund dengan memastikan seluruh persyaratan sudah dilengkapi. Hal itu karena pihak Akulaku menghimbau pengguna untuk benar - benar memahami syarat dan prosedur yang berlaku sehingga pengajuan refund bisa dilakukan tanpa kendala apapun.
Sekian ulasan tentang cara refund di Aplikasi Akulaku dan semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan terima kasih juga atas dukungan kalian dengan cara like, comment, share dan yang paling penting di follow atau subscribe. Terima kasih.
Comments
Post a Comment