Belajar Creating Effective Marketing Communications (Menciptakan Komunikasi Pemasaran Yang Efektif) Terkait Teknik - Teknik Perencanaan Praktis
Teknik - Teknik Perencanaan Kreatif
Perencanaan kreatif adalah tahap yang selalu Anda perlukan namun masalahnya Anda hampir - hampir tak punya waktu untuk melakukannya.
Inspirasi memang terkadang muncul ke dalam marketing creatives (kreatif pemasaran) namun ini tidak dapat diandalkan. Mungkin merupakan kebohongan kalau ada seseorang yang berkata kepada Anda bahwa serangkaian kampanye yang besar dapat digagas di dalam kamar mandi. Untuk memenuhi deadline, Anda memerlukan perencanaan yang lebih profesional, lebih tersusun, dan sistematis.
Perencanaan kreatif dimulai dengan rencana pemasaran. Ini merupakan dokumen kerja yang komprehensif, yang merinci pendekatan total tim pemasaran bagi kampanye yang akan datang. Perhatikan dan kuasailah isinya. Banyak inspirasi dapat ditemukan didalamnya. Dengan mempelajari sedikit saja, gagasan - gagasan dapat langsung bermunculan.
Apabila tim pemasaran telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan biasanya demikian perencanaan kreatif dapat menghemat waktu sekaligus mengorganisasi kreativitas Anda.
Uraian Pertanyaan Berikut Jawabannya:
1. Siapa yang menjadi sasaran komunikasi? Anda perlu mengenal dan mengetahui khalayak sasaran Anda. Contohnya: Apabila mereka sebagai pemakai baru, pemakai yang selama ini telah ada, atau pemakai yang berganti - ganti merek?
Namun, Anda dapat menempuh jalan jauh yang kompleks untuk sampai pada proposisi Anda: pemrakarsa, penentu keputusan, pemberi pengaruh, pengambil keputusan, pembeli dan atau pemakai akhir. Masing - masing memerlukan penanganan dan motivasi yang berbeda untuk mengarahkan mereka pada titik sasaran Anda; mereka dapat seluruhnya menyetujui proposisi Anda, secara terpisah atau bersama - sama.
2. Media dan metode penyampaian apa yang digunakan? Disini diterapkan pemikiran yang sama. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah komunikasi Anda disampaikan melalui media cetak atau media penyiaran, melalui pos, atau melalui seorang wiraniaga, yang perlu dikaji lebih lanjut untuk sampai pada keputusan pilihan Anda.
3. Apa tujuan khusus komunikasi? Apakah tujuan khusus komunikasi, misalnya, untuk memperoleh permintaan informasi atau mengarahkan penjualan, atau untuk menjual langsung? Tentukan di sini.
4. Informasi apa yang akan disampaikan? Anda perlu mendaftar semua informasi yang diperlukan untuk komunikasi ini, dan menyusunnya berdasarkan urutan prioritas.
5. Manfaat utama apa yang akan diperoleh? Carilah segi penjualan yang paling penting, praktis, dan atraktif, yang akan dapat paling efektif memotivasi pelanggan Anda. Ini yang harus dijadikan pembuka. Jadikan ini judul dan paragraf pertama dari teks Anda.
6. Seberapa jauh kepuasan yang harus dicapai? Bagaimana cara memenuhinya? Pertimbangkanlah apa yang sesungguhnya ingin didengar atau dipelajari oleh khalayak sasaran Anda. Apabila Anda menawarkan pemecahan masalah, pastikan bahwa Anda mengulasnya dalam teks Anda. Sebagai contoh: para dokter dalam wajib praktek umum pasti ingin menyembuhkan para pasien mereka tetapi mereka lebih menginginkan ruang tunggu kosong. Apabila produk Anda dapat membantu untuk mencapai hal ini, uraikan sejelas - jelasnya; pikirkan untuk menjadikannya sebagai manfaat utama.
7. Respons bagaimana yang dikehendaki dari komunikasi ini? Apakah daya tarik dalam komunikasi Anda, dan gagasan - gagasan pokoknya, cukup kuat untuk membuat pelanggan Anda melakukan apa yang Anda kehendaki untuk mencapai sasaran Anda: mengangkat telepon dan meminta demonstrasi produk? Menelpon botline perusahaan kartu kredit? Mengisi kupon? Mengunjungi toko atau kantor? Mengunjungi pemeran? Mengubah gagasan yang sudah melekat? Mengambil keputusan untuk memilih merek Anda?
8. Tujuan komunikasi akan tercapai jika pelanggan berpikir, percaya, atau yakin pada produk atau merek Anda? Inilah tugas yang paling berat diantara tugas - tugas yang telah diuraikan dalam bab ini, tetapi sangat penting jika Anda ingin menyampaikan pesan yang benar.
Cara yang paling mudah ialah mencatat jawaban secara lengkap, dengan menggunakan pendapat - pendapat pelanggan Anda sebagai pegangan.
Apabila Anda menemui kesulitan untuk memecahkan masalah dengan segera, kembalilah ke brifing Anda. Kemudian duduklah di kursi kantor Anda sampai Anda menyelesaikan jawaban secara lengkap dan jujur.
Penghiburan Kecil
Di sini Anda tidak sendiri. Saya dan banyak kolega saya yang telah berpengalaman pun sering menemui kesulitan untuk dapat melaksanakan tugas ini. Namun, melalui latihan, hal ini akan menjadi lebih mudah.
Comments
Post a Comment