Belajar Menjelaskan Fasilitas Hotel Dan Sekitarnya Berdasarkan Prosedur Hotel ACCSTP
Menjelaskan Fasilitas Hotel Dan Sekitarnya
1. Kategori dan posisi kamar (ukuran, lokasi level lantai)
2. Telepon
3. Televisi
4. Fasilitas laundry
5. Restoran & lounge
6. Fasilitas hotel lainnya kolam renang, olayground, bisnis center
7. Fasilitas umum di luar hotel (local attraction, destinasi wisata, macam moda transportasi, restoran atau kuliner)
Tips Saat Menjelaskan Fasilitas Hotel Dan Sekitarnya:
1. Suggesting/menyarankan
2. Describing/mendeskripsikan
3. Explaining/menjelaskan
4. Up selling/menjual lebih dari yang tamu pesan
5. Cross selling
Seorang Tamu Yang Sedang Menginap Ingin Memperpanjang Masa Tinggalnya, Apakah Yang Harus Dilakukan Oleh Seorang Resepsionis?
1. Melihat ketersediaan kamar jika tamu ingin tetap menggunakan kamar yang sama
2. Pastikan pada tamu apakah tamu akan memperpanjang masa tinggal kamar secara langsung atau sudah memiliki booking melalui online travel agent sehingga tidak terjadi doble booking
3. Meminta pembayaran sesuai dengan harga kamar tersebut pada saat itu
4. Meminta kunci kamar tamu agar di perpanjang masa aktifnya
5. Menawarkan upgrade kamar ke tipe kamar berikutnya dengan tambahan biaya guna mendapatkan revenue up selling untuk hotel, atau menyimpan yang ada untuk kedatangan berikutnya
Seorang Tamu Yang Sedang Menginap Tiba - Tiba Sakit Dan Resepsionis Sudah Menerima Informasi Tersebut, Lalu Langkah Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Resepsionis?
1. Bila tamu datang sendiri, segera tangani dengan cara:
• Melakukan tindakan pertolongan pertama, mengantarkan kotak P3K ke kamar dimana tamu tersebut sakit, koordinasikan dengan security untuk mendampingi
• Membawa tamu ke ruangan istirahat khusus (Ruang Medis), melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis (apabila ada)
• Jika keadaan tamu belum juga membaik, siapkan kendaraan operasional, dampingi dengan security langkah pengambilan tindakan, bawalah segera tamu ke rumah sakit terdekat
• Laporan kejadian tersebut ke pimpinan Anda
Comments
Post a Comment