Belajar Menangani Skipper Prosedur Hotel Berdasarkan ACCSTP Mudah Dan Terlengkap Serta Terupdate Hanya Disini

Saat Anda bertugas sebagai seorang resepsionis dan pada saat pengecekan kamar oleh housekeping dan status disistem oleh Anda, Anda mendapatkan tamu check out tanpa memberitahukan pihak hotel, dan meninggalkan tagihan atas penggunaan fasilitas kamar dan fasilitas lainnya. Di dunia perhotelan ini disebut Skipper Guest. Bagaimana solusi terhadap masalah tersebut? Dan bagaimana cara menghindarinya? 

Tamu skipper adalah tamu yang pergi meninggalkan hotel tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu atau tanpa melalui prosedur yang berlaku dalam hal ini check out dan tidak jarang masih menyisakan bill yang belum dibayar. 

Prosedur sangat jelas, dan memang wajib dilakukan. Berikut prosedur yang harus dilakukan: 

1. Segera mintakan deposit sebagai jaminan selama tamu stay di hotel, deposit bisa menggunakan cash atau kartu kredit verification yang disingkat Cardver. 
2. Khusus untuk Cardver harus menggunakan kartu kredit dan perhatikan juga validitas kartunya seperti nomor kartu dan expired date setelah di Cardver jangan lupa di note di sistem selanjutnya. 

Tidak sembarangan memberikan akses room charge kepada tamu kecuali ada tamu deposit atau atas persetujuan atasan dan yang terakhir lebih teliti dalam mengecek transaksi yang dilakukan tamu jika jumlah consume melebihi limit deposit bisa kita konfirmasi ke tamu dan memberi pilihan mau tambah deposit atau setop deposit dan tamu bisa membayar langsung jika ada consume lagi di luar limit deposit dan juga siapkan dan periksa kembali bill tagihan tamu sebelum tamu check out. 

Sekarang apa yang harus kita lakukan, saat skipper terjadi, atau jika seandainya mengalami dan tamu meninggalkan hotel tanpa informasi dan masih ada sisa bill yang harus dibayar yang dapat kita lakukan adalah? 

1. Jika tamu meninggalkan hotel tanpa adanya informasi dan tidak ada deposit kita bisa coba menghubungi tamu bersangkutan lewat telepon atau email yang terisi pada saat kedatangan diregistrasi form dan jika tidak ada respon kita bisa laporkan ke pihak berwajib berbekal identitas tamu yang kita miliki (dari paspor dan KTP). 
2. Bila tetap tidak bisa tertagih, segera laporkan ke atasan, dan pihak managemen akan mengambil langkah kebijakan internal tersendiri, yang mana bisa berbeda - beda setiap hotel. 

(Tamu check in awal dikarena bisa saja penerbangan di-reschedule atau adanya sebuah kebutuhan). Bagaimana langkah mengatasinya? 

1. Ketika tamu setuju untuk membayar, resepsionis akan Doble check EA tersebut kepada divisi terkait memastikan kamar tidak back to back. Jika sudah dipastikan kamar tidak back to back, Resepsionis melakukan transaksi pembayaran dengan tamu dan mempersilahkan tamu untuk menunggu kamar siap. 
2. Setelah kamar siap, Bellboy akan mengantar tamu ke kamar. 
3. Sekitar 5 menit tamu sudah di kamar, resepsionis akan courtesy tamu mengenal keadaan kamar yang mungkin tamu kurang berkenan. 

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Cara Mengenali Perbedaan Antara Emas Asli Dan Emas Palsu Cek Lebih Lengkapnya Ulasan Lengkap Berikut Ini

Informasi Menarik Tanda - Tanda Seorang Laki - Laki Yang Menyukaimu Yang Bisa Dilihat Dari Caranya Chatting Sama Kamu

Informasi Menarik Cara Cepat Cuan Guna Menghasilkan Uang Di Aplikasi Bling Story