Belajar Ilmu Hotel Berdasarkan Prosedur ACCSTP Tentang Menangani Barang Bawaan Tamu Rombongan

Menangani barang bawaan tamu group tentu berbeda dengan barang bawaan tamu individual selain jumlahnya yang banyak juga perlu penanganan ekstra di dalamnya. 

Dalam penanganannya kita akan banyak melibatkan beberapa section lain, seperti Bellboy, Duty Manager, Sales Departement dan juga bagian keamanan hotel. Untuk itu kerja tim sangat diperlukan. 

Jika sudah dipastikan sesuai masuk tahap berikutnya yaitu mengeluarkan muatan barang. Hal yang perlu diperhatikan dalam menurunkan barang adalah jenis dan ukuran barang biasanya kita mulai dari yang paling atas dan juga yang perlu diperhatikan adalah jenis barang yang memerlukan perlakuan khusus seperti barang pecah belah, elektronik, makanan dan lain - lain. 

Tempatkan barang di depan pintu utama serta dikelompokkan menurut jenisnya tiap - tiap barang harus disusun satu baris agar mudah dihitung jangan lupa di ikat dengan rantai dan diisi Luggage tag agar barang tidak tercampur dengan barang tamu lainnya. 

Tahap perhitungan dan pengecekan hitung barang bawaan tamu dengan teliti dan cek kondisi setiap barang, jika ada kerusakan bisa report ke tour leader. 

Setelah tamu selesai melakukan registrasi dan kunci kamar sudah dibagikan tahap selanjutnya adalah koordinasi dengan tour leader untuk penyortiran barang hal ini bertujuan untuk memudahkan pengantaran barang ke kamar. Barang bisa disortir berdasarkan lokasi kamar contohnya koridor a atau koridor b, bullding 1 atau bullding 2. Bisa juga berdasarkan lantai kamar seperti lantai lower ground lantai 1,2,3 atau berdasarkan nomor kamar yang berdekatan seperti 001a, 001b, 003, 004 dan seterusnya. 

Tahap pengantaran untuk mempermudah proses pengantaran kita bisa menggunakan trolley, saat menaikan barang ke trolley tidak boleh ditumpuk sembarangan. 

Ingat teori stacking. Pastikan barang yang ukurannya besar atau keras ditaruh paling bawah dan pisahkan barang yang perlu penanganan khusus seperti barang pecah belah, barang elektronik, makanan dan minuman yang nantinya bisa diangkut terpisah untuk menghindari kerusakan dan pada saat pengantaran barang ke kamar usahakan menggunakan lift service agar tidak menggangu mobilitas tamu. 

Itulah tata cara menangani barang bawaan rombongan, ingatlah, bahwa hati - hati dan penanganan tepat akan membuat tamu rombongan Anda merasa nyaman dan dapat memilih kembali tinggal di hotel Anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Cara Mengenali Perbedaan Antara Emas Asli Dan Emas Palsu Cek Lebih Lengkapnya Ulasan Lengkap Berikut Ini

Informasi Menarik Tanda - Tanda Seorang Laki - Laki Yang Menyukaimu Yang Bisa Dilihat Dari Caranya Chatting Sama Kamu

Informasi Menarik Cara Cepat Cuan Guna Menghasilkan Uang Di Aplikasi Bling Story